Jumat, 22 April 2011

Membuat FlashDisk Aman dari Autorun Virus

Cara kerja penularan virus lewat media flashdisk sebenarnya sangat simple, ketika flashdisk dicolokan ke dalam port USB, virus yang sedang berjalan tinggal men-copy dirinya sendiri ke dalam flashdisk, dan tidak lupa pula dengan membuat file “autorun.inf” yang letak file-nya kasat mata sehingga tidak dapat dilihat. File inilah yang akan kita edit agar virusnya tidak dapat menjalankan dirinya di komputer kita.

Cara yang pertama dengan mengedit secara manual dengan menggunakan “Notepad“ atau “Wordpad“. Diasumsikan flashdisk kita yang telah dicolokan ke dalam komputer (yang telah terinfeksi) beralamat “F:\”, maka silahkan mencoba membuka file “F:\autorun.inf” lalu “Enter“. Lalu Notepad akan terbuka secara otomatis dengan beberapa mantra didalamnya, setelah itu kita tinggal mengedit mantra tersebut dengan mem-block semua mantra tersebut (CTRL + A) lalu “Hapus“ (Backspace atau DEL), lalu Anda bisa membiarkannya kosong lalu tekan “CTRL + S“ untuk menyimpanya.

Tetapi jika file tersebut memiliki attribute “read-only”, tidak dapat mengeditnya secara manual. Berikut beberapa langkah untuk mengatasinya:

* Buka aplikasi Notepad, Tuliskan “del /a:r (alamat drive FDD):\autorun.inf”, lalu “Enter“.
* Langkah selajutnya adalah menulis : “echo ‘terserah tulisan apa’ -> (alamat drive FDD):\autorun.inf&attrib +r (alamat drive FDD) :\autorun.inf”.
* Lalu simpan file tersebut dengan nama file terserah anda dan path-nya terserah anda juga, tetapi extension-nya harus “.bat”.
* Jalankan file yang baru anda buat tersebut.
* Buka kembali Windows Explorer.
* Pada bagian address tuliskan “(alamat drive):\autorun.inf”, lalu tekan “ENTER“.
* Maka aplikasi Notepad akan muncul lagi sambil menampilkan beberapa tulisan.

Setelah anda melakukan beberapa langkah tadi, virus tidak dapat menjalankan dirinya di komputer lain ketika kita mencolokan flashdisk kita ke dalam port USB-nya. Tetapi dapat ditemui, virus-virus dari komputer yang terinfeksi tersebut masih ada di dalam flashdisk.

Untuk hal ini,silahkan percayakan pada Anti Virus yang ada pada komputer yang terpasang USB flashdisk tersebut. Adakalanya langkah-langkah di atas kurang membantu, karena saya sendiri baru mencoba-coba. Dan mencari langkah-langkah baru untuk menyelesaikan masalah virus yang sering melanda komputer. Tapi, tidak ada salahnya anda mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar